Pelajaran IPA Fisika Kemagnetan  Quadrant Pelajaran Matematika IPA Pelajaran IPA Fisika Kemagnetan | Quadrant Pelajaran Matematika IPA

Pelajaran IPA Fisika Kemagnetan

Bimbel Jakarta Timur | Bimbel Diah Jakarta Timur | WA : +6285875969990

Magnet merupakan materi yang memiliki medan magnet, serta dapat menarik materi tertentu lain yang berada di sekitar medan magnet tersebut. 


Untuk Soal-soal dan lengkap dengan pembahasan silahkan buka


Apa itu magnet ?

Magnet adalah benda makroskopik yang menciptakan medan magnet dan karenanya memiliki momen magnet. Meskipun sebagian besar magnet adalah magnet dipol, magnet tingkat tinggi memang ada. Magnet mengandung kumpulan arus listrik, seperti arus bebas pada elektromagnet atau arus terikat pada magnet permanen. Magnet juga mengandung momen dipol intrinsik yang dapat diperlakukan secara matematis sebagai arus terikat. Empat jenis magnet adalah magnet permanen, magnet induksi, elektromagnet, dan elektromagnet induksi. 

Apa itu Medan magnet ?

Medan magnet adalah medan vektor yang memanjang melalui ruang dan dapat berinteraksi dengan benda. Besarnya vektor medan magnet pada suatu titik dalam ruang menentukan kekuatan medan magnet di lokasi tersebut. Arah vektor medan magnet menentukan arah yang akan ditunjukkan oleh kompas magnetik di lokasi itu.

Apa itu Kemagnetan?

Kemagnetan adalah gaya yang diberikan oleh magnet ketika mereka menarik atau menolak satu sama lain. Kemagnetan disebabkan oleh gerakan muatan listrik.

Kata lain Kemagnetan adalah kelas atribut fisik yang dimediasi oleh medan magnet. Arus listrik dan momen magnetik partikel elementer menimbulkan medan magnet, yang bekerja pada arus dan momen magnetik lainnya. Kemagnetan adalah salah satu aspek dari fenomena gabungan elektromagnetisme. Efek yang paling akrab terjadi pada bahan feromagnetik, yang sangat tertarik oleh medan magnet dan dapat dimagnetisasi menjadi magnet permanen, menghasilkan medan magnet itu sendiri. Demagnetisasi magnet juga dimungkinkan. Hanya beberapa zat yang bersifat feromagnetik; yang paling umum adalah besi, kobalt dan nikel dan paduannya. Logam tanah jarang neodymium dan samarium adalah contoh yang kurang umum. Awalan ferro- mengacu pada besi, karena magnet permanen pertama kali diamati pada lodestone, suatu bentuk bijih besi alami yang disebut magnetit, Fe3O4.

Kemagnetan, fenomena yang terkait dengan medan magnet, yang timbul dari gerakan muatan listrik. Gerakan ini dapat mengambil banyak bentuk. Ini bisa menjadi arus listrik dalam konduktor atau partikel bermuatan yang bergerak melalui ruang, atau bisa juga gerakan elektron dalam orbital atom. Kemagnetan juga diasosiasikan dengan partikel elementer, seperti elektron, yang memiliki sifat yang disebut spin.

Semua zat menunjukkan beberapa jenis magnet. Bahan magnetik diklasifikasikan menurut kerentanan massal mereka Ferromagnetisme bertanggung jawab atas sebagian besar efek kemagnetan yang ditemui dalam kehidupan sehari-hari, tetapi sebenarnya ada beberapa jenis kemagnetan. Zat paramagnetik, seperti aluminium dan oksigen, tertarik lemah ke medan magnet yang diterapkan; zat diamagnetik, seperti tembaga dan karbon, ditolak secara lemah; sedangkan bahan antiferromagnetik, seperti kromium dan kaca spin, memiliki hubungan yang lebih kompleks dengan medan magnet. Gaya magnet pada bahan paramagnetik, diamagnetik, dan antiferromagnetik biasanya terlalu lemah untuk dirasakan dan hanya dapat dideteksi oleh alat-alat laboratorium, sehingga dalam kehidupan sehari-hari, zat-zat ini sering digambarkan sebagai non-magnetik.

Keadaan magnetik (atau fase magnetik) suatu material tergantung pada suhu, tekanan, dan medan magnet yang diterapkan. Suatu bahan dapat menunjukkan lebih dari satu bentuk magnet ketika variabel-variabel ini berubah.

Kekuatan medan magnet hampir selalu berkurang dengan jarak, meskipun hubungan matematis yang tepat antara kekuatan dan jarak bervariasi. Konfigurasi yang berbeda dari momen magnet dan arus listrik dapat menghasilkan medan magnet yang rumit.

Hanya dipol magnetik yang telah diamati, meskipun beberapa teori memprediksi keberadaan monopol magnetik.

Setiap zat terdiri dari unit-unit kecil yang disebut atom. Setiap atom memiliki elektron, partikel yang membawa muatan listrik. Berputar seperti gasing, elektron mengelilingi nukleus, atau inti atom. Gerakan mereka menghasilkan arus listrik dan menyebabkan setiap elektron bertindak seperti magnet mikroskopis.

Pada sebagian besar zat, jumlah elektron yang sama berputar ke arah yang berlawanan, yang membatalkan kemagnetan mereka. Itulah sebabnya bahan seperti kain atau kertas dikatakan bersifat kemagnetan lemah. Dalam zat seperti besi, kobalt, dan nikel, sebagian besar elektron berputar ke arah yang sama. Ini membuat atom-atom dalam zat-zat ini sangat bersifat kemagnetan—tetapi mereka belum menjadi magnet.

Untuk menjadi magnet, zat lain yang sangat bersifat kemagnetan harus memasuki medan magnet dari magnet yang ada. Medan magnet adalah daerah di sekitar magnet yang memiliki gaya magnet.

Semua magnet memiliki kutub utara dan selatan. Kutub yang berlawanan akan saling tarik-menarik, sedangkan kutub yang sama akan saling tolak-menolak. Ketika Anda menggosok sepotong besi di sepanjang magnet, kutub atom yang mencari utara di dalam besi berbaris ke arah yang sama. Gaya yang dihasilkan oleh atom-atom yang sejajar menciptakan medan magnet. Sepotong besi telah menjadi magnet.

Beberapa zat dapat dimagnetisasi oleh arus listrik. Ketika listrik mengalir melalui kumparan kawat, itu menghasilkan medan magnet. Akan tetapi, medan di sekitar kumparan akan hilang begitu arus listrik dimatikan.

Kemagnetan adalah komponen elektromagnetisme yang melibatkan magnet, medan magnet, dan gaya magnet.

Kemagnetan terdiri dari interaksi arus listrik, medan listrik, momen magnetik intrinsik, dan medan magnet.

Empat tipe dasar momen magnetik adalah monopol magnetik, dipol magnetik, multipol magnetik, dan magnet.

Arus listrik, momen intrinsik, dan perubahan medan listrik semuanya menghasilkan medan magnet.

Medan magnet pada gilirannya memberikan gaya pada arus listrik, momen magnetik intrinsik, dan magnet.

Komponen elektromagnetisme yang melibatkan magnet, medan magnet, dan gaya magnet. Kemagnetan mencakup semua fenomena yang berkaitan dengan medan magnet dan efeknya pada entitas lain. Kemagnetan adalah bagian dari elektromagnetisme, yang merupakan salah satu interaksi fundamental alam semesta. Meskipun medan magnet merupakan komponen yang tidak terpisahkan dari medan elektromagnetik, medan magnet dapat diperlakukan sebagai independen dalam beberapa situasi. Kemagnetan melibatkan interaksi empat entitas dasar: arus listrik, momen dipol magnetik intrinsik, medan magnet, dan medan listrik. Arus listrik terdiri dari partikel bermuatan listrik yang bergerak. Momen dipol magnetik intrinsik adalah sifat bawaan partikel fundamental tertentu. Kumpulan arus listrik dan partikel dengan momen magnetik intrinsik dikenal sebagai magnet.

Apa itu Momen magnetik ?

Setiap objek yang menciptakan medan magnet dapat dicirikan sebagai momen magnet. Momen magnet adalah konfigurasi tertentu dari kutub magnet utara dan kutub magnet selatan. Momen magnet suatu benda menentukan jenis dan kekuatan medan magnet yang dihasilkannya..

Apa itu Monopole magnetik ?

Monopole magnetik adalah kutub magnet utara tunggal yang terisolasi atau kutub magnet selatan tunggal yang terisolasi. Saat ini tidak ada bukti bahwa monopol magnetik ada. Pertanyaan tentang keberadaan mereka adalah salah satu masalah besar yang belum terpecahkan dalam fisika. 

Apa itu dipol magnetik ?

Dipol magnet adalah kutub magnet utara yang terhubung tak terpisahkan dengan kutub magnet selatan. Momen dipol magnet dapat muncul sebagai sifat intrinsik partikel, seperti elektron, atau dapat muncul dari loop sederhana arus listrik, seperti dalam atom atau kawat melingkar. Momen dipol magnet bertindak seperti magnet batang kecil. Selain momen dipol intrinsiknya, elektron atom juga memiliki momen dipol orbital yang muncul dari gerakan sirkulasinya di dalam atom. Momen dipol total elektron adalah jumlah momen dipol intrinsik dan momen dipol orbitalnya. 

Apa saja Kuadrupol magnetik dan multikutub lainnya ?

Sebagai konsekuensi dari tidak adanya monopol magnetik, momen magnetik orde tinggi harus merupakan kumpulan dipol magnetik. Ini berarti bahwa tiga kutub magnet tidak ada. Kuadrupol magnet terdiri dari dua dipol magnet antiparalel. (Perhatikan bahwa dua dipol magnet paralel bertindak dominan sebagai dipol tunggal.) Sebuah sextupole magnetik terdiri dari tiga dipol magnetik, dan seterusnya.

Apa itu Kutub Geomagnetik ?

Kutub Geomagnetis adalah arus menciptakan medan magnet dengan garis gaya tak terlihat yang mengalir di antara kutub magnet bumi.

Kutub geomagnetik tidak sama dengan kutub utara dan kutub selatan. Kutub magnet bumi sering bergerak, karena aktivitas jauh di bawah permukaan bumi. Pergeseran lokasi kutub geomagnetik terekam dalam batuan yang terbentuk ketika material cair yang disebut magma keluar melalui kerak bumi dan mengalir keluar sebagai lava. Saat lava mendingin dan menjadi batuan padat, partikel magnet yang kuat di dalam batu menjadi magnet oleh medan magnet bumi. Partikel berbaris di sepanjang garis gaya di medan bumi. Dengan cara ini, batuan mengunci catatan posisi kutub geomagnetik bumi pada saat itu.

Anehnya, catatan magnetik batuan yang terbentuk pada saat yang sama tampaknya menunjukkan lokasi kutub yang berbeda. Menurut teori lempeng tektonik, lempeng berbatu yang membentuk cangkang keras bumi terus bergerak. Dengan demikian, lempeng-lempeng tempat batuan membeku telah bergerak sejak batuan mencatat posisi kutub geomagnetik. Catatan magnetik ini juga menunjukkan bahwa kutub geomagnetik telah terbalik—berubah menjadi kutub yang berlawanan—ratusan kali sejak Bumi terbentuk.

Medan magnet bumi tidak bergerak cepat atau sering berbalik arah. Oleh karena itu, ini bisa menjadi alat yang berguna untuk membantu orang menemukan jalan mereka. Selama ratusan tahun, orang telah menggunakan kompas magnetik untuk bernavigasi menggunakan medan magnet bumi. Jarum magnet kompas sejajar dengan kutub magnet bumi. Ujung utara magnet mengarah ke kutub utara magnet.

Medan magnet bumi mendominasi wilayah yang disebut magnetosfer, yang menyelimuti planet dan atmosfernya. Angin matahari, partikel bermuatan dari matahari, menekan magnetosfer terhadap Bumi di sisi yang menghadap matahari dan meregangkannya menjadi bentuk tetesan air mata di sisi bayangan.

Apa itu Magnetosfer

Magnetosfer adalah lapisan yang melindungi Bumi dari sebagian besar partikel, tetapi beberapa bocor melaluinya dan terperangkap. Ketika partikel dari angin matahari menabrak atom gas di atmosfer atas di sekitar kutub geomagnetik, mereka menghasilkan tampilan cahaya yang disebut aurora. Aurora ini muncul di tempat-tempat seperti Alaska, Kanada dan Skandinavia, di mana mereka kadang-kadang disebut "Cahaya Utara." "Cahaya Selatan" dapat dilihat di Antartika dan Selandia Baru.

Apa itu Hukum induksi Faraday ?

Medan magnet yang berubah selalu menghasilkan medan listrik yang terkait. Medan listrik induksi ini mampu menghasilkan arus pada konduktor. Fisikawan dan kimiawan Inggris Michael Faraday menemukan hukum ini pada pertengahan abad kesembilan belas, yang menuntunnya untuk menemukan generator. Hukum Faraday juga merupakan prinsip operasi di balik transformator, elektromagnet induksi, dan induktor.

Apa saja yang mempengaruhi Kemganetan?

Pengaruh arus listrik

Arus listrik selalu menghasilkan medan magnet. Dalam elektromagnet dan elektromagnet induksi, arus bergerak bebas melalui konduktor. Dalam magnet permanen dan magnet induksi, arus terikat dalam atom dan molekul dan terdiri dari elektron yang bersirkulasi. Pada tahun 1820-an, para ilmuwan seperti fisikawan Prancis Jean-Baptiste Biot, FĂ©lix Savart, dan Andre-Marie Ampre menentukan secara kuantitatif bagaimana arus listrik menghasilkan medan magnet dan mengerahkan gaya magnet. Persamaan diferensial yang merangkum bagaimana arus menghasilkan medan magnet dikenal sebagai hukum Ampere. Ketika dilemparkan ke dalam bentuk integral yang disederhanakan, hukum Ampere dikenal sebagai hukum Biot-Savart. 

Pengaruh momen intrinsik

Momen intrinsik, seperti elektron, selalu menghasilkan medan magnet. Seiring dengan arus terikat, momen intrinsik berkontribusi pada medan magnet magnet permanen dan magnet induksi. Karena ketergantungannya pada putaran kuantum, momen intrinsik dapat diperlakukan secara matematis sebagai loop kecil arus. 

Pengaruh perubahan medan listrik

Medan listrik yang berubah menghasilkan medan magnet. Prinsip ini dijelaskan dengan menambahkan suku matematika tambahan pada hukum Ampere, memperluasnya menjadi hukum Ampere-Maxwell. Dalam prakteknya, medan magnet yang dihasilkan oleh perubahan medan listrik seringkali tidak signifikan. Peran paling signifikan dari efek ini adalah memungkinkan gelombang elektromagnetik ada dan menyebar sendiri. 

Kekuatan magnet

Medan magnet memberikan gaya pada arus listrik, momen magnetik intrinsik, dan magnet (yang berisi kumpulan arus dan momen magnetik intrinsik). Momen magnetik intrinsik dapat diperlakukan secara matematis sebagai loop kecil arus. Oleh karena itu, semua gaya magnet dapat dinyatakan sebagai interaksi antara medan magnet dan arus.

Gaya magnet pada partikel bermuatan yang bergerak

Hukum gaya magnet menjelaskan bagaimana medan magnet B memberikan gaya F pada partikel bermuatan yang bergerak. Hukum ini adalah bagian dari hukum gaya Lorentz, yang menjelaskan gaya listrik dan magnet. Hukum gaya magnet menyatakan:bahwa arah gaya magnet selalu menyamping relatif terhadap gerakan partikel. Oleh karena itu, gaya magnet hanya dapat mengubah arah partikel tetapi tidak dapat mempercepatnya. Akibatnya, medan magnet tidak pernah dapat melakukan kerja mekanis secara langsung. Untuk partikel bermuatan yang bergerak bebas di ruang angkasa, sifat gaya magnet yang menyamping menyebabkan partikel bergerak sepanjang lintasan heliks di sekitar garis medan magnet. Efek ini dapat digunakan untuk menjebak partikel bebas secara magnetis, seperti yang terjadi di ionosfer bumi dan di reaktor fusi nuklir. 

Gaya magnet antar magnet

Karena semua magnet mengandung kumpulan arus, magnet mengerahkan gaya satu sama lain. Pada prinsipnya, gaya antara dua magnet dapat dihitung dengan menggunakan hukum gaya magnet. Namun, dalam praktiknya, perhitungan seperti itu rumit. Untuk magnet sederhana, aturan yang lebih mudah dapat digunakan: Lawan tarik menarik dan suka tolak. Ini berarti bahwa kutub magnet utara menarik kutub magnet selatan. Ini juga berarti bahwa dua kutub utara saling tolak-menolak dan, demikian pula, dua kutub selatan saling tolak. Menentukan lokasi kutub magnet induksi atau elektromagnet melibatkan aturan tambahan. Gaya antara magnet adalah prinsip operasi di balik motor listrik dan speaker audio. 

Efek bahan

Untuk kemudahan matematis, medan magnet total B sering dipisahkan menjadi jumlah dari dua medan magnet parsial: medan magnet H dan magnetisasi M. Secara historis, medan ini telah disebut banyak istilah, seperti kerapatan fluks, induksi magnet, dan magnetisasi. polarisasi. Ilmuwan modern menyebut bidang ini dengan nama huruf mereka untuk menghindari kebingungan. Medan H adalah medan magnet yang terkait dengan arus bebas; yaitu, arus dalam konduktor dan di ruang bebas. Medan M adalah medan magnet yang terkait dengan arus terikat; yaitu, arus dalam bahan magnet. Tiga jenis utama bahan magnetik adalah feromagnetik, paramagnetik, dan diamagnetik.

tag:

kemagnetan bumi

cara membuat magnet

sifat kemagnetan

sebutkan macam-macam magnet

sifat kemagnetan sebuah magnet tidak akan hilang apabila magnet tersebut

gaya yang ditimbulkan oleh gaya tarik magnet bumi adalah

magnet mempunyai dua kutub, yaitu

gaya tarik magnet terbesar terletak pada

soal hots kemagnetan

soal essay kemagnetan kelas 9 beserta jawabannya

kumpulan soal kemagnetan kelas 9

soal kemagnetan dan induksi elektromagnetik

contoh soal kemagnetan smk

contoh soal kemagnetan kelas 12

soal kemagnetan dalam produk teknologi kelas 9

contoh soal kemagnetan kelas 10

Tags

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Bimbel Jakarta Timur

Alamat: Jl. Wijaya Kusuma I No.212, RT.1/RW.7, Malaka Sari, Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13460

WA : +62 895-3222-88565

Peta Lokasi

buttons=(Accept !) days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !