Menyeting Petty Cash Akun
- Buka Accounts command centre dan klik Account List.
- Klik Asset tab.
- Klik New.
- Pilih Bank pada Account Type drop-down menu. Pada Business Basics, pilih Detail Account [Postable] option.
- Siapkan pada akun sebuah nomor yang unik yang memudahkan anda menuju Daftar Akun.
- Namakan akun itu Petty Cash.
- Klik OK.
Memasukkan saldo awal pada Petty Cash
Jika Anda sedang mengatur file perusahaan baru dan Anda sedang menggunakan fisik 'Petty Cash', masukkan saldo awal sebagai berikut:
- Buka Setup menu dan pilih Balances.
- Klik Account Opening Balances.
- Lokasikan akun Petty Cash dan masukkan pada Opening Balance.
Jika menggunakan file perusahaan yang ada, kas kecil biasanya dimulai dengan uang ditarik dari cheque account. Lalu ikuti langkah-langkah ini :
- Buka Banking command centre dan klik Spend Money. Dalam BusinessBasics, Buka Command Centres menu and Pilih Banking Kemudian pilih Spend Money.
- Klik pada Pay From Account dan seleksi cheque account anda daerah yang berdekatan.
- Masukan rincian seperti Date, Amount, Cheque No dan Memo.
- Pada bidang Acct# di bagian bawah jendela, pilih Petty Cash account anda
- Pastikan anda menyeleksi N-T dalam kolom Tax .
- Klik Record. Lihat contoh dibawah ini.
Jika Anda sedang mengatur file perusahaan baru dan Anda sedang menggunakan fisik 'Petty Cash', masukkan saldo awal sebagai berikut:
Jika menggunakan file perusahaan yang ada, kas kecil biasanya dimulai dengan uang ditarik dari cheque account. Lalu ikuti langkah-langkah ini :
Memasukkan pembelian cash menggunakan kas kecil
Pembelian dari Petty Cash dimasukkan dengan cara yang sama dengan cheque payment.
- Buka Banking command centre dan klik Spend Money. Dalam BusinessBasics, Buka Command Centres menu dan pilih Banking kemudian pilih Spend Money.
- Klik opsi Pay From Account dan pilih Akun Petty Cash ddalam bidang yang berdekatan.
- Kemudian masukkan Cheque No, Date, Amount dan Memo.
- Tempatkan kursor anda pada bidang Acct# dan masukkan expense account. pindahkan kursor anda ke bidang Amount dan seperluna masukkan amount.
- Ketikkan Tax Code yang sesuai kemudian klik Record. Jendela dibawah menunjukkan contoh pembelian dengan Petty Cash.
Pembelian dari Petty Cash dimasukkan dengan cara yang sama dengan cheque payment.
Rekonsiliasi rekening petty cash
Rekonsiliasi rekening Petty Cash akan memastikan saldo dengan penerimaan kas Anda. Hal ini juga akan menyediakan Anda dengan jumlah penggantian.
- Buka Banking command centre dan klik Reconcile Accounts.
- Pilih rekening Petty Cash dalam bidang Account kemudian masukkantanggal sekarang dalam bidang Bank Statement Date.
- Cocokkan pembayaran dalam jendela Reconcile Accounts dengan cash receipts anda, Tandai corresponding transactions off dengan Cleared. Anda juga memerlukan untuk merekonsiliasi reimbursement deposit yang mana anda dapat men-check terhadap banking records anda.
- Masukan physical cash balance dari 'petty cash tin' anda dalam New Statement Balance field . Jika ini sama dengan Calculated Statement Balance, dibidang Out of Balance akan terbaca kosong.
- Sediakan account balances, klik Reconcile. Print Reconciliation Report kemudian klik Reconcile kembali to pada akhirnya rekonsisliasi akun. Jendela dibawah menunjukan bahwa rekening Petty Cash telah direkonsiliasi.
Catatan: Jumlah Total Cleared (dalam kolom Withdrawals dibawah jendela) harus sama dengan jumlah dari cash receipts anda.
Rekonsiliasi rekening Petty Cash akan memastikan saldo dengan penerimaan kas Anda. Hal ini juga akan menyediakan Anda dengan jumlah penggantian.
Catatan: Jumlah Total Cleared (dalam kolom Withdrawals dibawah jendela) harus sama dengan jumlah dari cash receipts anda.
Penggantian pada rekening petty cash
Total dari Reconciled Cheques terlihat pada Reconciliation Report adalah jumlah yang dioperlukan untuk penggantian pada rekening Petty Cash. Total ini harus sama dengan balance dari cash receipts dalam physical 'petty cash tin' anda.
Jendela berikut menunjukkan kutipan dari Reconciliation Report. Dapat terlihat $71.53 yang diperlukan pada penggantian rekening Petty Cash.
Sekarang jumlah penggantian tersebut telah ditentukan :
- Buka Banking command centre dan klik Spend Money. Dalam BusinessBasics, Buka Command Centres menu dan pilih Banking kemudian pilih Spend Money.
- Klik di Pay From Account danpilih cheque account anda dalam bidang yang terdekat.
- Masukan Cheque No, Date, Amount dan Memo.
- Dalam Acct# dalam bagian bawah jendela pilih Rekening Petty Cash anda.
- Pastikan anda memilih N-T dalam kolom Tax.
- Click Record.
Jendela berikut menunjukkan contoh dari transaksi penggantian. Setelah memasukkan transaksi ini, Rekening Petty Cash balance dengan opening balance orisinil $100.00. Ini harus di konfirm menggunakan laporan Balance Sheet.
Total dari Reconciled Cheques terlihat pada Reconciliation Report adalah jumlah yang dioperlukan untuk penggantian pada rekening Petty Cash. Total ini harus sama dengan balance dari cash receipts dalam physical 'petty cash tin' anda.
Jendela berikut menunjukkan kutipan dari Reconciliation Report. Dapat terlihat $71.53 yang diperlukan pada penggantian rekening Petty Cash.
Sekarang jumlah penggantian tersebut telah ditentukan :
Jendela berikut menunjukkan contoh dari transaksi penggantian. Setelah memasukkan transaksi ini, Rekening Petty Cash balance dengan opening balance orisinil $100.00. Ini harus di konfirm menggunakan laporan Balance Sheet.
RANGKUMAN MYOBI
1. Accounts
• Membuat dan mengedit daftar akun
• Mencatat jurnal penyesuaian
2. Banking
• Mencatat transaksi kas masuk selain penerimaan piutang
• Mencatat transaksi kas keluar selain pelunasan hutang
• Menyusuun rekonsiliasi bank
3. Sales
• Mencatat transaksi penjualan
• Mencatat retur penjualan
• Mencatat pelunasan piutang
4. Purchase
• Mencatat transaksi pembelian
• Mencatat transaksi retur pembelian
• Mencatat pelunasan hutang
5. Inventory
• Mencatat daftar nama persediaan
• Mencatat saldo awal persediaan
6. Card File
• Mencatat daftar nama pelanggan dan pemasok
Akun header adalah akun yang tidak bisa diposting
1-0000 Asset
2-0000 Liability
3-0000 Equity
4-0000 Income
5-0000 Cost Of Sales
6-0000 Expense
8-0000 Other Income
9-0000 Other Expense
Mencatat Transaksi
- Pengeluaran Kas : Banking; Spend Money
- Penerimaan Kas : Banking; Received Money
- Penjualan dan Retur : Sales; Enter Sales
- Penerimaan Piutang : Sales; Received Payment
- Pembelian dan Retur : Purchase; Enter Purchase
- Pembayaran Hutang : Purchase; Pay Bills
- Jurnal Umum : Account; Record Jurnal Entry
- Persediaan Barang : Inventory; Adjust Inventory
Langkah-langkah Pembelajaran MYOB
1. Menyiapkan data awal perusahaan (membuat file data bisnis)
2. Membuat bagian atau daftar akun
3. Membuat buku pembantu
4. Mengentry saldo awal
5. Mengentry transaksi
6. Membuat laporan
7. Membuat back up file
Menyesuaikan hubungan antar akun
- Menyesuaikan hubungan akun pada banking : Setup;linked account;account; bank account
- Menyesuaikan hubungan akun pada sales : Setup;linked account;sales
- Menyesuaikan hubungan akun pada purchase : Setup;linkend account;purchase
Menyesuaikan pajak
1. Menghapus pajak
- Lists;tax codes
- IMP import duty klik edit;delete tax code
- Hapus pajak-pajak yang ada selain NT, VAT dan GST
Ket: NT= None Taxable
VAT= Value Added Tax
GST= Goods & Service Tax
2. Mengedit GST/VAT menjadi PPN
- Klik lists klik Tax codes
- Klik VAT-Value Added Tax
- Tax Code adalah VAT
- Description adalah Value Added Tax
- Tax Type sama Value Added Tax
- Rate sama 10 %
3. Menyesuaikan hubungan akun pada PPN
- Tax collected di hubungkan dengan VAT Out
- Tax paid di hubungkan dengan VAT in
- Kosongkan untuk link card for inland revenue
- Klik OK, close untuk kembali ke menu awal
Mencatat neraca saldo
1. Dari menu utama setup
2. Pilih balances
3. Klik Account Opening Balances
4. Lalu isikan saldo awal masing-masing akun
5. Untuk saldo akun kontra harus diisikan dengan nilai minus
6. Jika belum seimbang berarti ada yang salah anda isikan
7. Jika sudah benar klik Ok
Membuat kartu CUSTOMERS & SUPPLIERS Membuat Kartu Customers (Debitur)
1. Klik Card File; Card List
2. Klik tab Customers dan klik New untuk mencatat data baru
3. Klik data Customers ke dalam format Profile
4. Klik Tab Selling Details dan isi datanya
5. Klik new untuk mencatat data customer berikutnya atau klik Ok untuk keluar dari Card Information
Membuat Kartu Suppliers (Kreditur)
1. Klik Card File; Card List
2. Klik tab Supplier dan klik New untuk mencatat data baru
3. Ketik data Supplier ke dalam format Profile
4. Klik tab Buying details dan isi datanya
5. Klik New untuk mencatat data supplier selanjutnya atau Ok untuk keluar dari Card Information
Mengedit Kartu Customers/Suppliers
1. Klik nama customers / suppliers
2. Klik Edit, lalu ubah data customer / supplier
3. Klik OK untuk kembali ke card list
4. Klik Close untuk keluar dari card list
Mencatat saldo PIUTANG ; HUTANG
Mencatat saldo Piutang (Customers)
1. Klik Setup;Balance;Customer Balance
2. Klik nama customers yang akan diisikan saldonya
3. Klik Add Sale kemudian muncul pesan MYOB
4. Klik Ok untuk masuk ke tampilan Historical Sale
5. Tekan atau dan lengkapi data
6. Klik Record
Mencatat saldo Hutang (Supplier)
1. Klik Setup>Balances;Supplier Balances
2. Klik nama supplier yang akan diisi dengan saldo awal.
3. Kli Add Purchase kemudian muncul pesan MYOB
4. Klik Ok untuk masuk ke tampilan Historial Purchase
5. Klik atau dan lengkapi data
6. Klik Record
Mencatat Persediaan BARANG
Mencatat Detail barang (item) yang dijual
1. Siapkan data item (persediaan)
2. Klik commad centre inventory, klik Item List Klik New
3. Ketik nomor barang dan nama barang
4. Mengisi jenis pajak pada Buying Details
5. Mengisi jenis pajak pada Selling Details
6. Klik New untuk mencatat item atau barang dagangan yang lain
Mencatat saldo Persediaan Barang
- Klik Command Centre Inventory klik Adjust Inventory
- Catat data persediaan barang dagang meliputi item number, unit cost, nama akun terkait
- Klik Record
Mencatat PEMBELIAN
Mencatat pembelian Kredit
1. Siapkan transaksi pembelian kredit
2. Klik Command Centre Purchases klik Enter Purchases
3. Klik Layout
4. Pilih item, klik Ok
5. Ketik data Pembelian
6. Klik Record
Pencatatan Retur Pembelian
1. Siapkan transaksi Retur pembelian
2. Klik Command Centre Purchase Klik Enter Purchases
3. Masukan data Retur pembelian dengan member tanda – (minus) pada quantitas yang dikembalikan
4. Klik Record
5. Klik Cancel untuk kembali ke menu utama
6. Klik Purchase > Purchase Register
7. Klik Returns And Debits
8. Klik Apply to Purchase
9. Ketik tanggal transaksi dan ID# kemudian klik mouse pada baris yang sejajar dengan jumlah yang terkait
10. Klik Record untuk memproses
Pencatatan Pembelian Tunai
1. Siapkan transaksi pembelian Tunai
2. Klik command centre purchase, klik Enter Purchase
3. Ketik data pembelian tunai
4. Isi Paid Today dengan nilai sebesar total amount
5. Klik Record
Mencatat PENJUALAN
Pencatatan Pejualan Tunai
1. Siapkan transaksi penjualan tunai
2. Klik command centre Sales klik Enter Sales
3. Klik Layout
4. Klik Item, Klik Ok
5. Ketik data penjualan tunai
6. Isi Paid Today dengan nilai sebesar total amount
7. Klik Record
Pencatatan Penjualan Kredit
1. Siapkan transaksi penjualan kredit
2. Klik command centre sales, klik Enter Sales
3. Ketik data penjualan
4. Klik Record
Pencatatan Retur Penjualan
- Siapkan transaksi retur penjualan
- Klik command centre Sales, klik Enter Sales
- Ketik data Retur Penjualan
- Klik Record untuk mencatat jurnalnya
- Klik cancel untuk kembali ke menu utama
- Klik Sales, klik Sales Register
- Klik Returns ; Credits
- Klik Apply to sales
- Ketik tanggal transaksi dan klik mouse sejajar dengan jumlah penjualan yang terkait
- Klik Record
Mencatat Penerimaan dan Pengeluaran Kas
Pencatatan Penerimaan Pelunasan Piutang
1. Siapkan transaksi penerimaan kas dari hasil penjualan
2. Klik Command Centre Sales, klik Receive Payment
3. Ketik data penerimaan kas
4. Hilangkan discount penjualan yang ada
5. Klik Record untuk mencatat jurnalnya
6. Klik Command Centre Sales, klik Enter Sales
7. Pada Layout pilih Miscellaneous
8. Ketik data discount dengan menberikan tanda minus pada nominal rupiah
9. Klik Record
Pencatatan Pelunasan Utang
1. Siapkan tansaksi pengeluaran Kas
2. Klik Command Centre Purchase klik Pay Bills
3. Ketik data pelunasan utang, hilangkan diskon pembelian yang ada
4. Klik record
5. Klik command centre purchase klik Enter Puchase
6. Pada layout pilih miscellaneous
7. Ketik data diskon pembelian dengan tanda minus pada nominal
8. Klik Record
Pencatatan Pengeluaran Kas
1. Siapkan transaksi Pengeluaran kas
2. Klik command centre Banking klik Spend Money
3. Ketik data pengeluaran kas
4. Klik Record
Untuk mencatat penerimaan kas
Klik Banking, klik Receive Money
Menyiapkan Laporan Keuangan
Memproses Rekonsiliasi bank
- Siapkan rekening Koran dari bank
- Klik Command Centre Banking klik Reconcile Account
- Pilih Account : Cash in Bank
- Ketik tanggal pembuatan rekening Koran
- Pada New Statement Balance, ketik saldo Cash In Bank menurut Rekening Koran
- Klik untuk memberikan tanda ceklis di kolom paling kiri untuk jumlah yang sudah tertera di Catatan Rekening Koran
- Klik Bank Entry, catat penerimaan jasa giro dan pembayaran administrasi bank
- Klik record
- Saldo out of balance harus nol (0) bila tidak tentu ada kesalahan pencatatan kas masuk dan kas keluar
- Klik Cancel
Mencatat Kerusakan Barang
1. Siapkan Pos penyesuaian kerusakan barang dagang
2. Klik Command Centre Inventory, Adjust Inventory
3. Ketik data Penyesuaian, untuk Quantity diisi dengan tanda minus (-)
4. Klik Record
Mencatat Jurnal Penyesuaian
- Siapkan pos-pos penyesuaian
- Klik Command Centre Account, klik Record Jurnal Entry
- Ketik nama akun dan jumlah yang di debet serta nama akun dan jumlah yang di kredit
- Klik Record untuk memproses
Menampilkan Laporan Laba Rugi
Report;accoun;profit and loss (accrual);customize; Display
Menampilkan Laporan Neraca
Report;Account;Standar Balance Sheet ;Customize;Display
Menampilkan Laporan Arus Kas
Report;banking;statement of cas flow;customize; display
Menampilkan jurnal dan buku besar
1. Jurnal Umum: Account;General Account
2. Jurnal Pembelian : Purchase;Purchase and Payables Jurnal
3. Jurnal Penjualan : Sales;Sales and Receivables Journal
4. Jurnal penerimaan kas : Banking;Cash Receipts
5. Jurnal Pengeluaran Kas : Banking;Cash Disbursements
6. Buku Besar : Account; General Ledger Detail
7. Neraca Saldo : Account; Trial Balance
Membuat Back Up File
1. Klik File
2. Klik Backup
3. Pilih : Backup All Data dan check company file for error
4. Continue
5. Pilih media penyimpanan pada kotak save in
6. Ketik nama File
7. Pilih Save
8. Kemudian pilih : File;exit;No
RINGKASAN